Kamis, 3 Desember 2020 | 14:07 WIB

Infeksi Melonjak, Aturan Bermasker di AS Masih Diabaikan

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 23:11 WIB
by Rere,tarungnews.com - 178 hit(s)

Donald Trump dan Anthony Fauci. (AP/Alex Brandon)

TarungNews.com - Ahli penyakit menular Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci mendesak pemerintahan Donald Trump untuk menetapkan kebijakan menggunakan masker di seluruh AS. Fauci menilai kebijakan ini sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 di AS yang terus memburuk.

"Jika, orang tidak memakai masker, maka mungkin kita harus memerintahkannya," kata Fauci kepada CNN yang juga merupakan direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID).

Menurut Fauci, jika semua orang mengenakan masker, maka penyebaran virus corona dapat ditekan secara signifikan.

Saat ini, penyebaran Covid-19 meningkat tajam di 32 negara bagian di AS. Data dari University of Washington menunjukkan jumlah kasus per hari sudah melewati 75 ribu kasus baru dengan total kematian mencapai 800.

"Akan ada kesulitan untuk menegakkannya, tetapi jika semua orang setuju bahwa ini adalah sesuatu yang penting dan mereka memerintahkannya, saya pikir itu akan menjadi ide bagus jika setiap orang melakukannya secara seragam," tutur Fauci.

Selain memakai masker, Fauci juga menekankan pentingnya menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mencegah infeksi virus corona.

Sebelumnya, Fauci dan Trump kerap berseteru. Trump acap kali berselisih paham dengan kebijakan yang dibuat Fauci yang merupakan anggota kunci gugus tugas penanganan virus corona Gedung Putih.

Fauci merupakan ahli penyakit menular yang telah mendapat pengakuan dunia atas karyanya terkait penelusuran kontak pandemi Covid-19 bersama David Morens untuk NIAID.

Hingga saat ini, kasus Covid-19 sudah di AS sudah mencapai 8,7 juta dengan 229 ribu kematian. (ptj/ard)

Sumber : CNN Indonesia

Rere,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Berita Foto | Selasa, 17 November 2020 | 22:42 WIB
Berita Foto | Kamis, 5 November 2020 | 23:41 WIB