Selasa, 20 Oktober 2020 | 19:18 WIB

Pameungpeuk Usung Eksotisme Sungai Leuwi Enis Menjadi Daerah Obyek Wisata Baru

Rabu, 16 September 2020 | 22:47 WIB
by Alam,tarungnews.com - 3.656 hit(s)

Kadisparbud, H. Budi Gangan Gumilar, SH, MH. DOK

Garut,TarungNews.com - Sungai Leuwi Enis merupakan muara pertemuan antara Sungai Cipalebuh dan Sungai Cikaso, terletak di Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk, Garut.

Camat Pameungpeuk, Jeje Jenal Abidin, S.STP, M.Si dengan didampingi Kepala Desa Mandalakasih mengabarkan langsung kepada wartawan tarungnews.com, "Sungai Leuwi Enis ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata, diantaranya Pemancingan, Sepeda Air, Olah Raga Speed Boat baik bagi pemula maupun profesional, selain itu masih banyak potensi wisata air lainnya yang bisa dikembangkan di Sungai Leuwi Enis.

Kebetulan dilokasi terdapat tanah carik atau tanah bengkok Desa Mandalakasih yang bisa dikembangkan juga untuk Camping Area, berkemah. Selain itu, dengan keberadaan sumber daya air yang sangat memadai disertai dukungan kekencangan tiupan angin itu menjadi eksotisme tersendiri Sungai Leuwi Enis bagi para penggila Selancar. Silahkan coba dan buktikan eksotisnya," sambung Kepala Desa Mandalakasih, Iwan Darmawan.

Camat melanjutkan, untuk bisa dengan mudah sampai ke lokasi saat ini sedang dibuka jalan sepanjang 1 km dengan pengadaan lahan dan pengerjaannya secara swadaya masyarakat, untuk selanjutnya warga ingin akses jalan ini bisa dilanjutkan dengan pengerasan.

Mewakil masyarakat, kami harapkan Sungai Leuwi Enis kedepannya bisa dijadikan daerah obyek wisata yang dikembangkan untuk mensejahterakan warga Mandalakasih khususnya dan warga Kecamatan Pameungpeuk pada umumnya," kata Camat optimis.

Sementara itu, menerima informasi terkait adanya potensi alam yang potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata, pihak Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut sangat antusias dan responsif.

Pihak Disparbud Kabupaten Garut melalui Kepala Dinas menyampaikan, "dengan melihat potensi yang ada sekarang ini kawasan tersebut sangat layak dijadikan obyek wisata.

Kadisparbud, H. Budi Gangan Gumilar, SH, MH melanjutkan, "Kami sangat mendukung pembangunan sungai tersebut (Sungai Leuwi Enis ...red) untuk dijadikan sebagai destinasi wisata baru di wilayah Pamengpeuk.

Untuk lebih yakinnya kearah itu pihak kami menurunkan tim khusus untuk meninjau dan melakukan pengkajian sebagai bahan tindak lanjut," pungkas Kadis.

Alam,tarungnews.com - Biro Kab. Garut

 

 

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Berita Foto | Sabtu, 10 Oktober 2020 | 18:43 WIB
Berita Utama | Sabtu, 26 September 2020 | 17:01 WIB
Berita Foto | Sabtu, 10 Oktober 2020 | 18:41 WIB