Senin, 28 September 2020 | 08:46 WIB

OW Karang Paranje Menggelar Budaya Karuhun "Bedah Muara." H. Asep Basir: Apdesi Siap Berkolaborasi

Selasa, 15 September 2020 | 12:12 WIB
by Alam,tarungnews.com - 643 hit(s)

Ketua Apdesi Kab. Garut, H. Asep Basir memberikan sambutan pada perhelatan Budaya Karuhun Bedah Bugel di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong . DOK

Garut,TarungNews.com - Masyarakat warga Desa Karyasari Kecamatan Cibalong menggelar acara Bedah Muara, warga setempat menyebutnya "Hajat Lembur Bedah Bugel".

Acara tersebut merupakan budaya karuhun masyarakat setempat yang saat ini dilaksanakan oleh pihak obyek wisata Karang Paranje pada hari, Minggu (13/9) tempo hari.

Hadir dalam acara ini, Aris (Camat Cibalong), Aris, H. Asep Basir (Ketua APDESI Kabupaten Garut) beserta Jajaran, Kabid Bumdes (Dedi) dan tamu undangan serta masyarakat Karyasari.

Ditemui dilokasi acara, Kepala Desa (Kades) Karyasari, Kurniawan mengatakan, "tradisi Bedah Bugel merupakan budaya karuhun yang selalu diperingati oleh warga Karyasari sebagai simbol warga menjungjung tinggi gotong royong dan kebersamaan.

”Bedah Bugel merupakan budaya karuhun kita yang dulu selalu giat bergotong royong dalam kegiatan membersihkan muara atau sungai (Sungai Bugel) agar selalu bersih," kata Kurniawan.

Ia melanjutkan, "seiring kemajuan jaman dan teknologi, budaya gotong royong terus terkikis, sehingga kami sebagai aparat desa berkewajiban untuk menumbuhkan kembali kebersamaan antar warga masyarakat Desa Karyasari.

”Alhamdulillah, dengan kebersamaan dan gotong royong dari warga kegiatan ini bisa diselenggarakan dengan anggaran seluruhnya hasil dari sumbangan warga Desa Karyasari," ucapnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Apdesi kabupaten Garut, H. Asep Basir menyambut baik kegiatan Hajat Lembur Bedah Bugel yang di gagas oleh Kepala Desa Karyasari. Sebagai kepala desa sudah sepantasnya kita harus menggali potensi desa di segi apapun, termasuk segi seni dan budaya setempat.

”Seperti saat ini, inisiatif Kepala Desa Karyasari untuk menumbuhkan kembali budaya daerah melalui Bedah Bugel sangat bagus sekali dan Apdesi siap dilibatkan untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini," paparnya.

Ia menghimbau, Apdesi Kabupaten Garut yang membawahi 421 desa yang ada di kabupaten Garut untuk bisa terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan oleh rekan sesama anggota Apdesi.

”Minimal 12 desa yang ada di kecamatan Cibalong harus ikut andil dalam meramaikan kegiatan ini, atau bisa 2 kecamatan, Cibalong dan Pameungpeuk. Ini bisa menjadikan cermin dalam kebersamaan antara anggota Apdesi dalam mendukung rekan anggota Apdesi menumbuhkan kembali budaya daerah," pungkasnya.

Saat dihubungi tarungnews.com pada Senin (14/9) kemarin, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Garut, H. Budi Gangan Gumilar, SH, MH menyampaikan, "Saya sangat mendukung sekali kegiatan Bedah Bugel ini semoga akan menjadi festival tahunan untuk daya tarik kepada wisatawan.

Ia menambahkan, festival budaya sebagai aktraksi yang sangat diminati oleh para wisatawan karena mempunyai keunikan tersendiri antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

Pembangunan pariwisata Kabupaten Garut selalu mengedepankan DNA atau sumber peradaban dari suatu budaya yang menonjol dan menjadi daya tarik," ucap Kadis yang pandai mengemas dan gencar mempromosikan derajat kepariwisataan Garut ini.

Deden/Alam,tarungnews.com Biro Garut

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Berita Foto | Kamis, 17 September 2020 | 23:09 WIB
Head Line | Senin, 31 Agustus 2020 | 21:52 WIB
Berita Foto | Sabtu, 26 September 2020 | 23:39 WIB