Kamis, 3 Desember 2020 | 13:40 WIB

Demo Tolak Pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja di Bandung Berujung Ricuh

Rabu, 7 Oktober 2020 | 01:09 WIB
by rjs,tarungnews.com - 1.712 hit(s)

Mobil yang sempat di rusak massa saat demo penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja. (istimewa)

Kota Bandung,TarungNews.com - Aksi demo Buruh yang menolak pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja di Bandung berujung ricuh Selasa (6/10/2020). Massa merangsek masuk ke dalam Gedung DPRD Jabar hingga merusak mobil polisi, dan massa sebelumnya sempat menduduki fly over Pasopati hingga membuat arus lalu lintas lumpuh.

Kericuhan aksi demo tersebut pecah tepat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar). Mereka berorasi, membakar ban dan melakukan aksi teatrikal. Adapun tuntutan mereka yakni mendesak pemerintah mencabut pengesahan UU Cipta Kerja.

Aksi demo mulai memanas, terlihat sebagian massa sempat mendorong-dorong pagar DPRD Jabar. dan sempat ada yang melempar sejumlah benda ke arah polisi yang berjaga. Bahkan terlihat seperti bom molotov yang mengeluarkan api ke arah polisi.

Mobil polisi yang terparkir jauh dari Gedung DPRD Jabar pun menjadi korban perusakan. Kaca depan kanan dan kiri hancur. Bahkan beberapa massa naik sampai ke kap dan atap mobil tersebut.

Aparat kepolisian sempat mengeluarkan mobil pengurai massa dengan menembakan water canon dan gas air mata ke arah kerumunan massa. Sebagian massa sempat melakukan perlawanan dengan melempar batu ke arah petugas. "Kawan-kawan segera bubar, jangan berbuat anarkis," ucap kepolisian menggunakan pengeras suara sambil membubarkan massa.

Aksi yang sangat mencekam masih terjadi hingga pukul 18.45 WIB. Penjagaan yang dibentuk aparat kepolisian sedikit demi sedikit mulai memukul mundur massa ke arah Jalan Diponegoro Sejumlah ruas jalan ke arah DPRD Provinsi Jabar ditutup sejak kericuhan terjadi. Hal itu dilakukan untuk menghindari bentrokan lebih lanjut.

Dalam pengamanan demonstrasi ini, polisi menerjunkan 650 personel untuk mengawal demo yang dilakukan buruh dan mahasiswa. Sekitar pukul 20.00 situasi di depan Gedung DPRD Jabar tepatnya di Jalan Diponegoro sudah berangsur kondusif.

rjs,tarungnews.com

 

 

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Daerah | Sabtu, 21 November 2020 | 01:44 WIB
Berita Utama | Senin, 9 November 2020 | 23:10 WIB