Senin, 28 September 2020 | 08:18 WIB

Segerombolan Orang Menyerang & Merusak Rumah Awak Media

Selasa, 15 September 2020 | 23:07 WIB
by Tim,tarungnews.com/Biro Garut - 895 hit(s)

Rumah seorang wartawan yang di rusak oleh segerombolan orang tak dikenal...DOK

Alam: Indikasi extraordinary crime Bagi Pelaku Kejahatan Terhadap Jurnalis

Garut,TarungNews.com - Pada hari Jum'at malam (11/9) yang lalu telah terjadi penyerangan dan pengrusakan terhadap rumah milik seorang awak media inisial CS.

Informasi yang berhasil dihimpun tim tarungnews.com, pengrusakan dilakukan oleh segerombolan orang tidak dikenal yang membekali diri dengan senjata tajam (Sanjam) jenis Golok dan Samurai serta 1 orang dari segerombolan tersebut membawa senjata api.

Tempat kejadian perkara (TKP) di Kampung Batulawang Desa Talagasari Kecamatan Kadungora, Garut. Peristiwa terjadi sekitar pukul 19:00 WIB.

Pada saat kejadian pemilik rumah sedang tidak di rumah dan tidak terdapat korban jiwa. Atas pengrusakan tersebut dikabarkan kerugian material mencapai 200 juta rupiah.

Dikabarkan istri pemilik rumah masih trauma dan waswas. Informasi yang diterima kemarin (14/11) malam disekitar rumah yang menjadi TKP masih tampak orang tidak dikenal yang seperti sedang mengawasi keadaan rumah. Sementara suami korban penyerangan dan pengrusakan rumah hingga saat ini belum tampak di rumah (TKP).

Pada malam itu juga setelah kejadian datang ke TKP dari pihak Kepolisian setempat dan selanjutnya pihak korban (istri pemilik rumah) didampingi kerabat melapor ke Polres Garut.

Alam, pegiat informasi publik yang juga Kepala Biro disalah media massa menyebutkan, kriminalitasi terhadap insan pers masih marak terjadi, bahkan belum lama ini terjadi 2 peristiwa pembunuhan terhadap wartawan.

Ia melanjutkan, maraknya peristiwa tersebut terjadi disekitar kita membuktikan masih minim pemahaman akan pentingnya keberadaan pers dan memandang rendah derajat kemanusiaan profesi wartawan/jurnalis sehingga berani memperlakukan seperti itu disamping masih lemahnya jaminan pengamanan bagi para petugas peliputan atau jurnalistik saat melaksanakan kewajibannya.

Saya sangat prihatin sekaligus mengutuk perbuatan kriminal yang mengakibatkan hilangnya nyawa insan pers," tegas Alam.

Kejahatan terhadap pers merupakan extraordinary crime, kejahatan luar biasa. Oleh karena itu butuh extraordinary law, penegakan hukum yang luar biasa juga," tandas Alam.

Dari indikator atas peristiwa yang menimpa rekan kita sesama insan pers di Kadungora, kami minta pihak berwajib untuk segera mengambil sikap pengamanan bagi para pihak dari kemungkinan terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan. pungkasnya.

Tim tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Berita Foto | Rabu, 2 September 2020 | 23:13 WIB
Berita Foto | Jumat, 18 September 2020 | 23:11 WIB
Berita Foto | Senin, 31 Agustus 2020 | 22:43 WIB