Sabtu, 8 Agustus 2020 | 12:53 WIB

Bandung Zoological Garden (Bazoga) Dapat Bantuan 1000 Ayam Dari Ketua MPR

Sabtu, 16 Mei 2020 | 23:00 WIB
by Yud,tarungnews.com - 144 hit(s)

Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas, Relawan 4 Pilar MPR dan Motor Besar Indonesia (MBI) memberikan bantuan makanan untuk menjadi konsumsi satwa di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga). Humas Prov Jabar

Lintas Jabar,TarungNews.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 hingga saat ini, berdampak cukup luas terhadap sektor kehidupan manusia, tidak terkecuali sektor pariwisata yang saat ini menjadi andalan sebagian besar provinsi di Indonesia untuk menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadikan tempat-tempat pariwisata termasuk Kebun Binatang ditutup untuk umum dan tidak bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Kondisi ini menjadikan Kebun Binatang yang sangat tergantung dari tiket pengunjung untuk memenuhi kebutuhan operasional, baik karyawan maupun satwa-satwa yang ada menjadi terputus, akibatnya tidak sedikit karyawan harus dirumahkan dan satwa terancam tidak mendapatkan asupan makanan dan vitamin yang baik.

Kondisi ini menggungah Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas, Relawan 4 Pilar MPR dan Motor Besar Indonesia (MBI) memberikan bantuan makanan untuk menjadi konsumsi satwa di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga).

Menurut Bambang, pandemi Covid-19 tidak hanya menyulitkan kehidupan manusia tetapi juga satwa terkena dampaknya kondisi ini yang belum tahu sampai kapan akan berakhir.

“Kebijakan PSBB dan pusat keramaian ditutup, ini menjadi lonceng kematian tempat-tempat pariwisata terlebih lagi pariwisata Kebun Binatang,”kata Bambang, usai memberikan bantuan 1000 ayam di Bazoga, Jumat (15/05/2020).

Bambang mengatakan, selain karyawannya, satwa-satwa dilindungi yang ada di Kebun Binatang terancam punah karena suplay makanan terhenti, karena selama ini kehidupan Kebun Binatang, makanan untuk satwa-satwa didalamnya mengandalkan dari penjualan tiket pengunjung.

“Dengan tidak adanya pengunjung, otomatis ketika ditutup tidak ada pemasukan. Jadi sebetulnya pengelola Kebun Binatang ini bebannya dua, beban manusia atau karyawannya dan juga beban satwa-satwa yang sebagian justru asupannya lebih mahal daripada manusia, itu daging dan protein,” ucapnya.    

Bambang berharap, bantuan seribu ayam ini bisa mengurangi beban manajemen kebun binatang sehingga tidak sampai melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya, sekaligus memastikan para satwa-satwa dilindungi ini tidak kelaparan.

“Kita memiliki kewajiban menjaga kelestarian satwa-satwa dilingungi. Kami ingin menggugah para pengusaha atau masyarakat memberikan perhatian kepada Kebun Binatang, bisa menjadi bapa angkat dari satwa yang ada maupun memberikan bantuan makanan,” jelasnya.

Yud,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Berita Foto | Kamis, 6 Agustus 2020 | 23:16 WIB
Berita Foto | Jumat, 10 Juli 2020 | 23:23 WIB
Nasional | Jumat, 31 Juli 2020 | 00:24 WIB