Sabtu, 31 Oktober 2020 | 00:45 WIB

Mahal, Beruang Madu Paling Sering Diselundupkan

Jumat, 20 November 2015 | 00:24 WIB
by Vie,tarungnews.com - 946 hit(s)

Beruang Madu (foto: Regina/Okezone)

Jakarta,TarungNews.com - Berbagai jenis hewan langka diperdagangkan oleh enam pelaku yang kini telah dibekuk oleh Subdit Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Ditkrimsus Polda Metro Jaya. Diketahui, harga jual satwa tersebut mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya DKI Jakarta, Awen Supranata, mengatakan bahwa beruang madu merupakan hewan yang memiliki daya jual paling tinggi.

"Paling banyak dijual beruang madu. Sebab, beruang madu itu semacam punya organ yang di dalamnya diyakini bisa menyembuhkan. Jadi, organ beruang madu bisa dijadikan obat," beber Awen kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Meski demikian, Awen menyatakan tidak semua beruang madu akan dibunuh guna diambil organ tubuhnya. Ada juga yang memang benar-benar ingin dipelihara. Namun, bagaimanapun juga beruang madu tidak boleh dipelihara secara umum.

Awen menuturkan, kemarin pihaknya sempat melacak penjualan satwa langka dan menemukan ada peredaran beruang madu di wilayah Jambi. Awen mengungkapkan, sindikat penjualan hewan langka saat ini diakuinya sudah sangat canggih.

"Contohnya, kita sering dapat info ada pengiriman hewan dari Papua ke Jakarta. Kita sudah standby di suatu tempat sebelum sampai Jakarta, tapi ternyata mereka sudah mencium keberadaan kita sehingga sudah turun di suatu bandara dan tidak ketemu," bebernya.

Okezone.com

Editor : Vie,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar Anda

BACA JUGA
Politik | Kamis, 29 Oktober 2020 | 22:24 WIB
Politik | Minggu, 18 Oktober 2020 | 23:08 WIB